Kecewa belanja online? ini tips agar tidak tertipu saat belanja online
Toko online atau yang biasa dikenal dengan e-commerce saat ini sangat familiar bagi kita, sepertinya hidup akan terasa kurang kalau belum login di toko online, entah hanya sekedar melihat-lihat barang yang dijual untuk sebatas referensi, ataupun memang sudah ketagihan belanja secara online. Dalam sehari, kita sering berlama-lama menatap layar handphone dan salah satunya untuk belanja. Dewasa ini, toko online banyak digandrungi masyarakat, hal ini karena praktek transaksi jual-beli yang berbeda dari pada kita belanja secara konvensional.
Keunggulan dari toko online
Sebuah fenomena demam belanja online telah menjangkit seluruh masyarakat dunia, bahkan khususnya di Indonesia. Saat ini sebagian besar masyarakat ndonesia lebih memilih untuk berbelanja online ketimbang harus pergi ke toko konvensional. Kondisi ataupun fenomena tersebut terjadi salah satunya karena kemajuan dibidang teknologi dan informasi yang semakin pesat. Selain itu perpindahan pelanggan dari toko konvensional ke toko online, tentunya karena banyaknya kelebihan yang dimiki oleh toko online. Berikut ini beberapa kelebihan dan keunggulan yang dimiliki toko online:
1. Lebih praktis
Tidak dipungkiri bahwa aktivitas belanja sangat menyita waktu dan sangat melelahkan, namun dengan hadirnya toko online seperti saat ini kita tidak perlu lagi harus berbagi jadwal dan meluangkan waktu untuk berbelanja, sangat praktis bukan? Hanya cukup dengan smartphone di tangan, kita dapat berbelanja sepuasnya. Bahkan lebih praktisnya lagi kita dapat mencari barang yang ingin kita beli sambil melakukan aktivitas lain, bahkan bisa sambil tiduran juga.
2. Harga lebih murah
Jika anda sering berbelanja di toko konvensional dan toko online tentunya dapat merasakan perbedaan harga yang terpaut jauh diantara keduanya. Memang benar toko online dikenal mampu memberikan harga dibawah rata-rata toko konvensional pada umumnya, hal ini karena beberapa faktor yang mempengaruhinya. Fator yang paling berpengaruh adalah dengan adanya biaya tambahan yang harus dikeluarkan oleh toko konvensional dalam menyediakan lapak tempat berjualan. Tentunya hal ini berbeda dengan toko online, para penjualnya tidak perlu membangun ataupun menyewa ruko dan kios untuk berjualan.
3. Tidak terkendala jam operasional
keunggulan lain dari toko online adalah mengenai jam operasional toko, mayoritas toko online akan melayani transaksi selama 1x24 jam. Kita sebagai customer tentunya akan lebih memilih berbelanja ditoko yang memiliki jam buka fleksibel, hal ini karena akan menguntungkan sekali bagi kita yang memiliki rutinitas padat.
4. Banyaknya promo yang ditawarkan
Khususnya bagi anda para pemburu diskon, tentunya tidak akan melewatkan kesempatannya untuk mendapatkan barang dengan harga khusus promosi. Toko online rupanya tidak menyia-nyiakan peluang ini dalam mencari pelanggan sebanyak-banyaknya, para penjual di toko online lebih sering memberikan harga promo dan diskon yang besar-besaran untuk barang dagangannya. Magnet promo ini ternyata terbukti ampuh untuk menarik para pelanggan toko konvensional agar beralih ke toko online.
5. Tersedianya fasilitas pengiriman barang
Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa salah satu hal yang paling membosankan disaat berbelanja di toko konvensional adalah saat akan pulang kerumah, apalagi jika toko tersebut letaknya jauh dari rumah kita. Selain masih harus memikirkan perjalanan pulang, kita masih harus dibebani untuk membawa barang belanjaan sendiri. Bahkan lebih merepotkannya lagi apabila belanjaan yang harus kita bawa pulang lumayan banyak.
Namun dengan berbelanja di toko online kita sudah tidak repot-repot lagi memikirkan perjalanan pulang lagi, kita cukup membayar barang yang kita pesan dan otomatis barang akan dikirimkan oleh penjual langsung sampai didepan rumah kita. Meskipun beberapa toko online ada yang menerapkan biaya tambahan sebagai ongkos kirim ataupun biaya jasa kurir, namun sepertinya hal ini tidak akan menyurutkan kita untuk lebih memilih berbelanja di toko online.
Khususnya di indonesia, saat ini ada banyak sekali toko online yang bisa kita temui, misalnya saja ada bukalapak, shopee, olx, lazada, tokopedia, dan masih banyak lagi. ada juga marketplace yang memang disediakan oleh media sosial misalnya saja facebook, instagram, dan lain-lain. Tetapi disini kita tidak akan membahas salah satu dari toko online tadi, kita juga tidak akan membahas caranya berjualan didalamnya. yang akan kita bahas disini adalah fokus pada bagaimana caranya kita sebagai end user atau pembeli, agar tidak tertipu saat berbelanja, jangan sampai kita merasa kecewa setelah barang datang.
Tips berbelanja online
lalu bagaimana agar kita tidak tertipu ataupun dirugikan saat berbelanja online? di artikel kali ini telah saya rangkum beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kita berbelanja online.
1. Pastikan situs e-commerce ataupun marketplace yang anda kunjungi itu terpercaya
Memastikan terlebih dahulu situs e-commerce ataupun marketplace sebelum membeli barang yang dijualnya bukanlah tindakan yang dilarang, juga bukan karena kita tidak percaya tetapi hal ini dimaksudkan agar anda tidak terjebak melakukan transaksi di situs e-commerce abal-abal, yang tidak menjamin keamanan kita sebagai konsumen. Ingat, jika kita ragu dengan tokonya maka lebih baik urungkan niat kita untuk berbelanja disitu.
2. Cek ulasan dan rating toko
Setelah kita memastikan dan yakin dengan reputasi marketplacenya, selanjutnya kita perlu cek ulasan dari para pembeli sebelumnya, atau biasa disebut testimoni pembeli. Semakin baik dan positif ulasannya, maka semakin tinggi juga rating tokonya. Hal ini juga dapat kita gunakan sebagai acuan bahwa barang yg dijual oleh toko rating tinggi biasanya terjamin secara kualitas dan kuantitas nya.
3. Bandingkan harga dengan toko yang lain
Setiap toko mempunyai hak untuk memberikan harga yang berbeda padahal adakalanya barang yang dijual itu adalah sama, kita harus jeli dalam mencari toko mana yang memberikan harga riil. Kadang ada beberapa toko memberikan harga yang jauh lebih murah dari harga umum pasaran, waspadai ini jangan sampai kita tergiur sebelum memastikan kondisi barangnya.
4. Pilihlah toko yang melayani metode pembayaran variatif
Adakalanya metode pembayaran yang disediakan oleh toko online tidak sesuai dengan harapan kita, maka kita perlu memilih toko yang menyediakan metode pembayaran paling nyaman dan aman menurut anda. Misalnya jika kita menggunakan m-banking, maka carilah toko yang menyediakan metode pembayaran tersebut. Atau jika kita tidak yakin membayar sejumlah uang dimuka, alangkah baiknya jika mencari toko yang menyediakan metode pembayaran COD.
5. Pilih bonus dan potongan harga yang wajar
Seperti kita ketahui beberapa metode marketing paling ampuh yang banyak digunakan dalam perdagangan antara lain dengan memberikan diskon potongan harga, beli satu dapat dua, garansi uang kembali, jaminan barang asli, ada juga yang memberikan bonus gratis ongkos kirim, dari semua yang disebutkan diatas kita harus bisa memilah dengan hati-hati. Secara logika iming-iming yang tidak masuk akal tentu bukan pilihan yang bijak saat kita menetukan suatu barang yang akan dibeli.
Demikian yang dapat saya rangkum beberapa tips dan trik berbelanja online agar kasus barang tiba tidak sesuai ekspektasi dapat terhindarkan. Semua yang saya tulis merupakan pengalaman pribadi selama saya berbelanja online. Untuk di ingat bahwa waspada bukan berarti tidak percaya, karena lebih baik hati-hati daripada menyesal kemudian. Semoga pengalaman yang saya bagikan dapat bermanfaat dan akhir kata, selamat mencoba.
Posting Komentar untuk "Kecewa belanja online? ini tips agar tidak tertipu saat belanja online"