Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tujuan Dan Manfaat Berjemur Yang Sering Disalah Artikan Oleh Binaragawan

Tujuan Dan Manfaat Berjemur Yang Sering Disalah Artikan Oleh Binaragawan

Berjemur bagi seluruh makhluk hidup merupakan sebuah kebutuhan, dan tentunya ada tujuan dan manfaat dari berjemur dibawah sinar matahari. 

Mungkin kalian bertanya-tanya, ketika cuaca terik matahari menyengat seorang yang ternyata bukan bule sedang berjemur di pantai seperti kurang kegiatan saja.

Kalian pasti sering melihat seorang yang bertubuh kekar panas-panasan dibawah terik matahari, bisa jadi dia adalah atlet binaraga yang sedang dengan sengaja berjemur.

Apa tujuan dan manfaat dari berjemur yang biasanya dilakukan oleh para binaragawan?

Daripada hanya berpikir keras tak dapat jawaban, ingin bertanya langsung namun tidak berani, mari kita kupas manfaat dan tujuan dari para atlet binaragawan berjemur dibawah terik matahari.

1. Membantu proses pembakaran lemak

Alasan pertama para binaragawan berjemur adalah memanfaatkan sinar matahari dalam proses pembakaran lemak.

Berjemur memang tidak sepenuhnya berfungsi untuk pembakaran lemak di dalam tubuh, namun sinar matahari membantu dalam proses metabolisme dan produksi hormon. Hal tersebutlah yang kemudian mempengaruhi dalam pembakaran lemak.

2. Membantu mempercepat proses pembentukan otot

Binaragawan identik dengan tubuh yang atletis, dengan guratan otot yang terlihat jelas. Untuk menjaganya agar otot tetap terjaga, selain melakukan fitness rutin mereka juga rutin berjemur di bawah teriknya matahari.

Sebenarnya supaya kalian tidak salah tafsir, jadi terik matahari tidak sepenuhnya dapat membentuk otot. Artinya jika memang tubuhmu tidak memiliki otot yang seperti dimiliki oleh binaragawan, meskipun kamu berjemur seharian juga tidak akan mendapatkan hasilnya.

Bahkan akibat kekonyolanmu maka yang ada kulitmu jadi gosong, kesehatanmu terganggu, dan yang pasti akan mengalami dehidrasi berat.

Jadi proses pembentukan otot dan hubungannya dengan berjemur adalah karena sinar matahari akan membantu meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria. Nah, hormon testosteron inilah yang sejatinya bertugas meningkatkan masa otot pada pria.

Keberadaan hormon testosteron pada kaum pria tersebut yang menjadikan otot pria dapat dibentuk, tentunya kondisi ini akan berbeda pada wanita.

Meskipun pada konteks yang berbeda juga terdapat atlet binaragawati, yaitu seorang wanita yang memiliki bentuk otot macho layaknya seorang pria.

3. Membantu meningkatkan kekuatan fisik

Para atlet binaraga juga berjemur untuk meningkatkan kekuatannya, dalam hal ini kekuatan tersebut akan berfungsi ketika mereka sedang melakukan olahraga angkat berat.

Sinar matahari selain membantu produksi hormon juga akan membantu meningkatkan produksi vitamin D yang bermanfaat menguatkan tulang.

Hormon testosteron dan vitamin D itu keduanya akan mempengaruhi kekuatan fisik seseorang menjadi lebih kuat, sehat, dan tidak mudah lelah.

Tentunya dengan kekuatan yang meningkat, dan didukung stamina yang prima maka angkatannya menjadi meningkat juga.

Semakin berat angkatan yang mampu di lakukan binaragawan dalam olahraga angkat beban maka akan semakin optimal juga otot yang akan terbentuk.

Pernyataan mengenai angkat beban yang membantu pembentukan otot memang benar, namun jika sinar matahari yang membantu meningkatkan otot sepertinya kurang tepat.

Apakah berjemur itu bagus?

Secara garis besarnya, berjemur di bawah terik matahari selama dalam intensitas yang wajar dan dilakukan dengan tepat merupakan sebuah aktivitas yang baik dan bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat positif tersebut bukan hanya bagi kalangan para atlet binaraga saja, namun bagi semua makhluk hidup secara umum, termasuk berlaku bagi kalian juga tentunya.

Sedangkan yang dimaksud berjemur dengan intensitas yang tidak wajar adalah jika kalian berjemur diwaktu yang tidak tepat, terlalu lama, dan terlalu sering.

Waktu yang tepat untuk berjemur

Ketika kalian tertarik ingin berjemur juga, hal yang perlu diperhatikan mengenai waktu yang tepat untuk berjemur adalah pagi hari sekitar jam 7.00 hingga jam 10.00, dan sore hari sekitar jam 15.00 hingga jam 16.00 sore.

waktu yang tepat untuk berjemur

Di jam tersebut matahari tidak terlalu terik dan panas, selain itu sinar matahari pada waktu tersebut memiliki potensi buruk terhadap kesehatan.

Selanjutnya mengenai jangka waktu dan durasi yang disarankan adalah cukup dengan berjemur sekitar 10 menit hingga setengah jam.

Setiap orang memiliki batasan masing-masing, intinya meskipun baru sebentar berjemur namun apabila sudah terasa tidak nyaman, seperti perasaan dehidrasi ataupun merasakan pusing maka segera berteduh, dan hentikan aktivitas berjemur.

Sedangkan mengenai seberapa sering seharusnya orang melakukan aktivitas berjemur ini, sebenarnya tidak ada aturan khusus. Anda pasti melihat para pekerja yang aktif di luar ruangan, mereka baik-baik saja.

Tentunya berjemur berbeda dengan pekerjaan, namun setidaknya itu dapat digunakan sebagai gambaran umum bahwa terik matahari tidaklah membahayakan apabila tidak berlebihan.

Toh, pekerja juga akan beristirahat, berteduh dan minum air cukup agar bisa beraktivitas di bawah terik matahari di setiap harinya.

Bahaya dan efek samping dari berjemur dibawah terik matahari

Semua hal jika dilakukan secara berlebihan akan menimbulkan efek samping yang tidak baik. Hal ini juga berlaku jika kalian terlalu berlebihan saat berjemur.

Beberapa hal yang mungkin terjadi ketika tubuh terlalu panas terkena sinar matahari yaitu dapat memicu dehidrasi yang jika tidak segera diatasi dapat mengganggu kesehatan secara keseluruhan.

Kulit yang sering terpapar sinar matahari juga akan menyebabkan masalah kulit, seperti kulit kering, terbakar, dan beberapa gangguan kesehatan kulit lainnya.

Oleh karena itu usahakan selalu memakai tabir surya ketika berjemur demi melindungi kulitmu dari paparan UV yang menyengat.

Paparan sinar matahari juga dapat meningkatkan resiko seseorang terkena kanker, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis mengenai kondisi kesehatanmu sebelum kalian memutuskan untuk berjemur.

Tempat yang bagus untuk berjemur

Memilih tempat yang tepat untuk berjemur akan membantu kalian merasakan manfaat lebih dari sekedar berjemur. Meskipun bukan syarat wajib, berjemur akan menjadi sesuatu aktivitas yang membosankan jika kalian salah pilih tempat.

Tempat favorit yang biasa orang-orang gunakan untuk berjemur adalah pantai. Kalian juga bisa memilih pantai sebagai alternatif tempat berjemur.

Berjemur di pantai tidak akan membosankan, disana kalian dapat sekalian bisa menikmati pemandangan pantai, berekreasi, melihat sunrise ataupun sunset.

Tempat lain yang bisa digunakan untuk aktivitas berjemur adalah lapangan bola. Kalian dapat berjemur disana sembari berolahraga.

Jika kalian salah seorang yang suka bersepeda, berjemur sekalian bersepeda juga hal yang mengasyikkan.

Lalu jika kalian termasuk seorang yang bekerja di luar ruangan, manfaatkan moment ini sebagai alternatif untuk berjemur di bawah sinar matahari.

Ingat ya, meskipun menyehatkan tubuh namun kalian juga wajib memperhatikan waktu dan durasi ketika berjemur. Jangan sekali-kali memaksakan diri berjemur ketika kondisi tubuh sedang tidak fit, karena hanya akan memperburuk kesehatan kalian.

Posting Komentar untuk "Tujuan Dan Manfaat Berjemur Yang Sering Disalah Artikan Oleh Binaragawan"