Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bosan Makan Sayur? Cobalah Teknik Ini Agar Makan Sayur Tidak Membosankan!

Tips Agar tidak bosan makan sayur

Halo teman-teman semuanya, apa kabar kalian saat ini? semoga senantiasa diberikan kesehatan lahir dan batin ya, Amin. Oya, kali ini kita akan membahas bagaimana cara agar tidak bosan ketika harus makan sayur setiap hari.

Seperti kita ketahui bersama bahwa makan sayur setiap hari merupakan hal yang di anjurkan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal.

Disini kita tidak fokus untuk membuat kalian menjadi vegetarian kok, jadi selain sayuran juga harus diimbangi dengan makan makanan lain khususnya protein hewani. Karena semua memang harus seimbang tercukupi agar tubuh senantiasa sehat.

Namun sayangnya, ketika kita harus ketemu sayur disetiap menu makan harian, perasaan bosan dan jenuh akan sayur pasti akan dialami. Bagaimana tidak, kita sebagai manusia memang paling tidak menyukai berbagai hal yang monoton, statis, dan ajeg.

Tips Agar tidak bosan makan sayur

Kita juga butuh yang namanya variasi, begitupun dengan makanan. Seandainya kita tiap hari harus makan bayam bagaimana perasaanmu? Misalnya pagi hari sarapan bayam, siangnya makan bayam, sorenya ketemu bayam lagi.

Tentunya kita akan jenuh bukan? Disisi lain kita harus selalu makan sayur, namun disisi lainnya juga kita dihadapkan dengan rasa bosan dan jenuh dengan sayur tersebut.

Namun jangan khawatir lagi, karena disini kita akan bahas tuntas bagaimana cara mengatasi kebosanan dan kejenuhan dengan sayuran tersebut.

1. Mengganti jenis sayuran

Sebenarnya ada tips simpel dan sederhana yaitu dengan mengganti jenis sayuran setiap hari. Jenis sayuran yang sehat kan banyak sekali jenisnya, simpelnya kita tidak harus melulu makan sayur bayam saja.

Kita bisa mengganti sayur bayam dengan jenis sayur lainnya seperti kangkung, daun sawi, kol, daun pepaya, daun singkong, atau jenis sayur sehat lainnya. Karena inti utamanya adalah makan sayur setiap hari.

Dengan mengganti jenis sayuran yang di konsumsi setiap hari, maka bisa dipastikan kita tidak akan merasa bosan terhadap satu jenis sayuran.

Jika masih takut nantinya bosan, jangan hanya dalam sehari ganti sayur, kalau memungkinkan maka setiap makan usahakan ganti sayurnya. Jadi dalam sehari misalnya kalian makan 3 kali, maka tiga kali tersebut kalian harus ganti sayurnya.

2. Mengubah teknik pengolahannya

Kita akan menjadi semangat dan lahap makan sayur tiap hari, meskipun jenis sayurnya adalah sama. Bagaimana caranya? ya, dengan mengubah teknik pengolahannya.

Kalian tidak akan bosan makan sayur bayam setiap hari, bahkan jika 30 hari kedepan harus makan sayur bayam loh, caranya cukup ubah teknik masaknya dengan variasi yang berbeda.

Misalnya pagi kita sarapan bayam dengan cara di buat jus. Apakah kalian pernah minum jus bayam? Nah, cobalah itu sebagai menu sayapan kalian. Jus bayam itu enak, dan pastinya tanpa mengurangi kadar gizi yang terkandung didalamnya. 

Lalu untuk menu siangnya, kalian bisa coba variasi lain, misalnya sayur bening bayam. Siang-siang makan bening bayam, ditambah lauk tempe goreng rasanya mak nyuss, dan pastinya menyehatkan dong.

Nah, untuk makan sorenya kita bisa makan bayam lagi dengan cara yang berbeda, misalnya dengan di buat kluban bayam. Pernah dengar masakan kluban? 

kluban atau keluban itu adalah jenis olahan masakan yang bahan utamanya berupa sayur umumnya terdiri dari beberapa jenis sayur yang di rebus, dicampur dengan parutan kelapa muda. Rasanya khas dan nikmat banget, silahkan dicoba sendiri deh.

Selain dengan variasi memasak diatas, kalian bisa juga dengan teknik memasak lainnya. Ada banyak cara mengolah sayur bayam yang bisa kalian coba. Dan yang terpenting jangan menghilangkan nilai gizi yang terkandung di dalam bayam tersebut. 

3. Mengubah pola pikir tentang sayur

Hal ini kadang menjadi beban tersendiri ketika harus makan sayur setiap hari. Tanpa kita sadari, pola pikir atau mainset kita telah tertanam sehingga membuat kita merasa bosan dan malas jika harus makan sayur setiap hari.

Cobalah pancing-pancing pola pikir salah tersebut dengan sering membaca literatur tentang pentingnya makan sayur setiap hari. Dengan kita sering membaca manfaat baik dari sayuran, secara otomatis hal tersebut akan secara bertahap mengubah pola pikir kita.

Yang awalnya kalian anti sayur, maka secara bertahap akan dapat menerima kenyataan bahwa sayuran itu ternyata penting bagi tubuh agar selalu sehat.

Selain dengan sering membaca, kalian juga bisa dengan konsultasi langsung pada ahli gizi, juga cobalah banyak ngobrol dan bertanya dengan orang-orang yang telah sukses atau berhasil menerapkan gaya hidup makan sayur

Tahapan ini memang butuh proses, lakukan saja pelan-pelan yang penting konsisten. Tidak ada usaha yang mengkhianati hasil kok, lambat tapi pasti itu akan lebih baik daripada tidak ada pergerakan sama sekali.

Posting Komentar untuk "Bosan Makan Sayur? Cobalah Teknik Ini Agar Makan Sayur Tidak Membosankan!"