Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Olahraga Ringan Sebelum Tidur Untuk Mengatasi Susah Tidur

Pentingnya Olahraga Ringan Sebelum Tidur Untuk Mengatasi Susah Tidur

Jika teman-teman mengalami masalah tentang pola tidur, atau mungkin saja saat ini sedang mengidap insomnia, ataupun juga gejala susah tidur lainnya maka sekarang waktunya kalian memahami pentingnya olahraga ringan sebelum tidur.

Olahraga Ringan Sebelum Tidur

Mengapa disini saya tuliskan olahraga ringan? karena tentunya jenis olahraga yang akan dilakukan bukanlah jenis olahraga berat seperti angkat beban, ataupun jenis olahraga lain dengan intensitas yang tinggi.

Olahraga ringan ini sangat penting untuk memperbaiki pola tidurmu menjadi teratur, juga sangat membantu tidurmu menjadi pulas dan lelap.

Tentunya jenis tidur yang sehat adalah ketika disaat kalian memejamkan mata, maka tubuh, otak dan seluruh aktivitas organ menjadi rileks.

Disaat kalian bangun tidur, namun masir merasa ngantuk, padahal sudah merasa tidur panjang semalaman bahkan sudah banyak bermimpi itu salah satu tanda bahwa sebenarnya tidurmu bukanlah jenis tidur yang sehat.

Tidur panjang bukanlah alasan bahwa tidurmu sudah bagus. Begitupun dengan mimpi disaat tidur, bukan sebagai patokan bahwa tidurmu sangat lelap, Banyak hal lain yang menjadi pertimbangan dalam menentukan jenis tidur yang sehat.

Karena tidur sehat dan nyaman tidak diukur dari seberapa panjang tidurmu saja. Artinya jika terlalu lama tidur juga sebenarnya tidak baik untuk kesehatan.

Begitupun jika kalian kurang tidur, maka sudah tentu ini akan sangat mengganggu kesehatanmu untuk saat ini dan untuk jangka panjangnya kelak.

Nah, bagi kalian yang merasa susah tidur, saya bagikan tips mengatasi susah tidur tersebut dengan melakukan olahraga ringan sebelum tidur.

Manfaat Olahraga ringan sebelum tidur

Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa ada banyak manfaat yang kita dapatkan ketika berolahraga ringan sebelum tidur.

Olahraga ringan sebelum tidur membantu melepaskan ketegangan dan merasa lebih rileks

Dengan rutin melakukan olahraga ringan sebelum tidur secara rutin, maka beban tubuh akan letihnya kerja seharian menjadi berkurang. 

Olahraga ringan tersebut juga membantu agar tingkat stress menurun, sehingga kalian akan merasa lebih rileks.

Selain itu aliran darah menjadi stabil dan tentunya ini sangat baik agar kesehatan tutuh tetap terjaga.

Lantas jenis olahraga ringan semaam apa yang baiknya kita lakukan sebelum tidur?

Jenis olahraga ringan yang cocok dilakukan sebelum tidur

Berikut ini jenis olahraga ringan yang dapat kalian lakukan secara rutin setiap sebelum tidur agar tidur terasa nyaman.

1. Peregangan otot-otot tubuh selama beberapa menit.

Peregangan otot yang dimaksud disini adalah seperti halnya pemanasan sebelum kita melakukan segala jenis olahraga fisik.

Kita bisa mulai dari meregangkan otot tangan, otot kaki, otot leher, otot pinggul, otot paha, dan otot-otot lainnya. Lakukan gerakan ini sekitar 15 menit secara rutin setiap akan tidur.

Meregangkan otot-otot tubuh sebelum tidur terbukti ampuh mengatasi susah tidur serta mampu membuat tidurmu menjadi rileks dan nyaman.

2. Yoga atau meditasi ringan untuk merilekskan tubuh dan pikiran.

Jenis olahraga ringan yang kedua adalah Yoga, sesuai dengan fungsinya bahwa yoga sangat cocok dilakukan sebelum tidur.

Kalian akan merasakan sensasi rileks dan nyaman saat melakukan yoga. Begitupun ketika setelah yoga, perasaan rileks dan santai tersebut akan memudahkan kita untuk tidur. 

3. Berjalan kaki santai.

Jenis olahraga ringan selanjutnya yaitu berjalan kaki santai atau jalan santai. Tujuan jalan santai kita ini adalah untuk membantu mengatasi susah tidur, jadi usahakan jalan santainya disekitar lingkungan rumah saja ya.

Jika waktunya tidur namun mata enggan terpejam, cobalah Kalian jalan-jalan diteras, atau kalau malas cukup di dalam rumahpun juga bisa.

Lakukan jalan santai ini sekitar 10 menit hingga 15 menit akan membuatmu merasa ngantuk, jangan terlalu lama melakukan aktivitas jalan santai ini, karena meskipun tidak begitu melelahkan namun jika kelamaan maka akan menyita waktu tidurmu.

Penutup

Pastikan untuk melakukan setiap gerakan dengan lembut dan fokus pada pernapasan Anda. Tujuan utama dari olahraga ringan sebelum tidur adalah merilekskan tubuh Anda dan membantu Anda merasa lebih tenang menjelang tidur.

Yang perlu dilakukan adalah lakukan olahraga ringan tersebut secara rutin setiap kalian akan tidur, atau setiap kalian mengalami gejala susah tidur, dan jangan lakukan aktivitas tersebut terlalu lama atau terlalu larut malam, karena malah akan menyita waktu tidurmu menjadi berkurang.

Demikian tips yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat dan dapat membantu mengatasi kondisi susah tidur yang teman-teman rasakan.

Posting Komentar untuk "Pentingnya Olahraga Ringan Sebelum Tidur Untuk Mengatasi Susah Tidur"