Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Pentingnya workout Buat Kalian Yang Obesitas

Alasan Pentingnya workout Buat Kalian Yang Obesitas
Bagi temen-temen yang merasa memiliki berat badan berlebih atau obesitas, umumnya akan dianjurkan untuk melakukan workout. 

Entah itu workout dirumah ataupun workout di tempat gym, pada dasarnya sama saja. Tempat workout sebenarnya lebih kepada kepuasan daripada manfaat yang di capai. 

Karena pada hakekatnya bukan dari tempatnya yang berpengaruh, namun jenis dan teknik latihan yang teman-teman lakukan adalah faktor penentu keberhasilan dari program wokout tersebut.

Meskipun sebagian orang merasa lebih nyaman dengan sebuah tempat olahraga sehingga kadang dari tempat juga memiliki peran dari pencapaian, namun sekali lagi ditegaskan, ini hanya berperan kecil.

Seberapa pentingkah workout bagi seorang obesitas?

Kembali jika kita ditanya apa hal paling berharga di kehidupan?, maka kesehatan adalah salah satu hal yang pasti akan diutamakan.

Nah, berkaitan dengan obesitas tadi, bahwa menurut pakar kesehatan berat badan yang berlebih merupakan salah satu jenis kondisi yang bisa digolongkan tidak sehat.

Dari hal ini, semua praktisi kesehatan dan dokter sepakat bahwa tubuh yang sehat salah satunya memiliki tubuh yang proporsional artinya tidak gemuk juga tidak kurus.

Dengan kata lain obesitas perlu di cegah, dan jika sudah terlanjur mengalami obesitas, maka secepatnya untuk dipulihkan ke kondisi proporsional.

Salah satu teknik mendapatkan tubuh sehat dan proporsional adalah dengan melakukan workout, juga dengan workout inilah yang terbukti paling efektif untuk menurunkan berat badan (bagi penderita obesitas).

Mengapa harus workout?

Obesitas sendiri dapat diartikan sebuah kondisi dimana seseorang itu mengalami peningkatan berat badan secara over atau berlebih. 

Penyebab obesitas tersebut terjadi karena adanya penumpukan lemak di dalam lapisan tubuh. Penumpukan lemak yang semakin hari semakin bertambah tersebut akhirnya menyebabkan tubuh mengalami berat badan berlebih.

Berbeda dengan mereka yang obsitas, pada tubuh yang sehat proporsional, lemak tersebut akan terbakar menjadi kalori dan selanjutnya diubah menjadi tenaga.

Sedangkan workout dapat diartikan sebagai salah satu jenis olahraga latihan fisik, yang fungsinya membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh. 

Workout dapat berguna memperlancar proses metabolisme dan menghidari terjadinya penimbunan lemak di dalam tubuh penyebab dari obesitas.

workout yang dilakukan dengan benar dan teratur sangat efektif dalam membantu proses penurunan berat badan.

Berbagai teknik atau gerakan dalam workout akan meningkatkan kinerja tubuh, termasuk meningkatkan proses pembakaran lemak.

Ketika melakukan workout, lemak di dalam tubuh akan terbakar dan sebagian akan ikut keluar bersama dengan keringat melalui pori-pori kulit.

Jenis workout yang tepat untuk para obesitas

Workout memiliki beberapa jenis, teknik, fungsi dan manfaat yang berbeda-beda. begitupun bagi para obesitas yang ingin menurunkan berat badannya, maka ada jenis work out yang di anjurkan baginya.

Bagi kalian yang melakukan workout dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, maka baiknya jenis latihan fisik seperti kardio adalah pilihan yang tepat.

Dalam olahraga fitness, Intensitas dan banyaknya durasi adalah fokus utama untuk menurunkan berat badan, bukan tingkat dari bobot beban yang harus diangkat.

Maka akan lebih efektif bagi yang ingin berhasil menurunkan berat badan untuk melakukan olahraga lari, pushup, renang, lompat tali, dan berbagai jenis latihan yang tanpa terlalu membutuhkan alat bantu beban.

Untuk memperoleh hasil optimal lakukan jenis olahraga yang disebutkan diatas secara rutin, minimal 15 menit sehari atau bisa juga seminggu 4 kali dengan durasi setiap latihan 1 jam sehari.

Jangan terlalu memaksakan diri juga mengenai waktu dan durasi latihan, karena tubuh juga butuh istirahat sembari melakukan recovery.

Artinya meskipun kalian semangat berlatih, tetap usahakan selalu menjaga pola istirahat yang cukup. Jangan lupa juga di imbangi dengan makan makanan yang sehat.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa cukup dengan workout maka obesitas dapat teratasi. Dan dengan aktivitas workout rutinlah, maka penderita obesitas memiliki harapan untuk pulih.

Jika dilihat sepintas, workout merupakan olah raga fisik seperti pada umumnya, namun bukan berati ini harus disepelekan. Maksudnya apabila workout ini dilakukan dengan ceroboh maka bukan sehat yang didapatkan namun tidak menutup kemungkinan akan mengalami cidera fatal.

Oleh karena itu, untuk hasil optimal maka sangat dianjurkan untuk melakukan workout dengan teknik yang benar, dan bila perlu harus di dampingi oleh pakar di bidangnya.

Jangan khawatir, selama kalian rutin berolahraga meskipun hanya 15 menit sehari ini sudah lebih dari cukup. Nikmati prosesnya secara alami, tidak ada yang instant, dan percayalah semua yang dilakukan dengan sungguh-sungguh pasti akan manis hasilnya.

Posting Komentar untuk "Alasan Pentingnya workout Buat Kalian Yang Obesitas"