Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Facebook Profil Atau Facebook Halaman Bagus Mana Untuk Monetisasi?

Facebook Profil Atau Facebook Halaman Bagus Mana Untuk Monetisasi?

Sebenarnya facebook profil atau facebook halaman yang lebih bagus di gunakan untuk mendaftarkan monetisasi? Pertayaan ini sering kali saya temui di berbagai forum dan group.

Lantas sebenarnya apa saja yang menjadi pertimbangan di antara kedua jenis akun tersebut? mari kita bahas lebih dalam.

Antara Facebook Profil dan Facebook Halaman untuk monetisasi

Pada dasarnya kedua jenis akun tersebut sudah dapat digunakan sebagai syarat monetisasi. semuanya sama-sama sudah dibekali fitur kemampuan menghasilkan uang.

Meskipun hanya memiliki profil facebook utama, dengan adanya fitur profesional yang disematkan didalamnya, kini kita sudah bisa mengajukan monetisasi.

Ingat, sebagai salah satu syarat kelayakan monetisasi adalah kalian harus memiliki akun facebook yang sudah menerapkan mode profesional.

Jika pada halaman atau fans page, mode profesional sudah otomatis melekat namun untuk facebook profil kalian harus merubahnya dulu.

Keuntungan menggunakan facebook profil untuk monetisasi konten

Beberapa keuntungan ketika kita menggunakan profil facebook kita untuk mendaftarkan monetisasi antara lain:

1. Cukup aktifkan fitur facebook profesional pada profil facebook

Proses ini terbilang paling simpel, kalian cukup mengubah facebook personal kalian menjadi facebook profesional di menu pengaturan akun dan sudah bisa memenuhi syarat dasar monetisasi.

Disini saya katakan sebagai syarat dasar monetisasi, karena mode facebook profesional hanyalah salah satu syarat dalam monetisasi.

Artinya setelah fitur facebook profesional diaktifkan masih ada langkah dan syarat yang harus teman-teman penuhi agar sepenuhnya diterima monetisasi.

2. Akun profil lebih mudah mendapatkan pengikut

Akun profil facebook dilengkapi dengan fitur menambahkan teman, dan hubungan pertemanan tersebut sudah otomatis menjadi pengikut kita di facebook.

Umumnya ketika kita memiliki akun facebook aktif, maka agar terhubung dengan teman, saudara, atau merasa mengenal seseorang maka kita pasti akan saling menjalin pertemanan.

Fitur pertemanan yang tersedia di profil facebook tersebut akan mempermudah kita untuk mendapatkan pengikut.

3. Lebih mudah memperoleh interaksi pengunjung

Saat sebuah konten berhasil diterbitkan, kita akan mendapatkan laporan berupa matriks penayangan, jangkauan dan impresimya.

Keuntungan ketika kita menggunakan facebook profil, otomatis banyak teman-teman yang memberikan support pada konten kita.

Entah karena penasaran atau apapun ketika konten kita lewat beranda mereka pasti akan berhenti scroll, tentunya karena kita di kenal oleh mereka.

Sebagai bentuk saling kenal, pasti akan memberi like, dan bahkan memberikan komentar di konten kita. Dan tindakan ini yang meningkatkan interaksi pengunjung bernilai positif.

Ketika interaksi pengunjung banyak, maka akun kita akan di rekomendasikan oleh facebook sehingga besar kemungkinan akan mudah untuk mendapatkan jangkauan yang luas.

Kelemahan facebook profil untuk monetisasi

Meskipun banyak kelebihannya, namun facebook profil juga memiliki beberapa kekurangan ketika digunakan untuk monetisasi. Antara lain:

1. Jumlah pertemanan di batasi hanya 5000 teman

Itu artinya ketika kita sudah mencapai limit batas pertemanan yang tentukan yaitu lima ribu teman, maka kita sudah tidak dapat lagi menambah ataupun menerima pertemanan baru.

Namun untuk jumlah pengikut facebook profil tidak ada batasan, artinya kita masih bisa memiliki pengikut jauh lebih banyak lagi. Dan pada tahap ini, kalian harus berusaha mencari pengikut baru

2. Resiko kehilangan akun utama

Ketika kalian mendaftar monetisasi, berarti sudah siap akan segala resiko termasuk hilangnya akun profil.

Kehilangan akun profil ini bisa saja terjadi jika kalian di nilai melanggar kebijakan monetisasi secara berat. Sehingga akun kalian akan di banned atau bahkan di hapus oleh Meta.

Hal paling berat yang kemungkinan terjadi adalah nama dan identitas kalian tidak dapat digunakan lagi untuk mendaftar akun facebook baru dikemudian hari.

3. Sulit membuat konten yang autentik

Kadang kita tidak sadar telah melanggar kebijakan monetisasi konten. Pelanggaran yang tidak di sengaja tersebut umumnya karena kita telah membagikan konten tanpa melalui tahap pengeditan atau pengecekan ulang.

Hal tersebut umum terjadi, misalnya ada kalanya kita menemui sebuah moment yang menarik untuk di bagikan. Kadang kita serta merta membagikannya langsung di profil facebook utama kita tanpa cek dahulu apakah konten tersebut melanggar atau tidaknya.

Kelebihan menggunakan halaman facebook untuk monetisasi

Ketika kita mendaftarkan monetisasi menggunakan halaman facebook profesional, terdapat beberapa keuntungan. Antara lain:

1. Halaman facebook lebih terstruktur

Ketika membuat halaman facebook, berarti kalian sudah ada gambaran dan tujuan utama dari halaman facebook tersebut.

Dengan tujuan dan fungsi yang jelas akan mempermudah kalian dalam menentukan tema konten yang akan diterbitkan di halaman facebook tersebut.

2. Fitur monetisasi lebih banyak

Halaman facebook profesional memiliki fitur monetisasi yang lebih banyak daripada profil facebook profesional.

Salah satunya monetisasi siaran langsung, dimana mode profesional pada facebook profil tidak di lengkapi dengan fitur ini.

3. Ketika Halaman facebook hilang, akun utama masih ada

Salah satu hal yang membuat kita aman adalah kemungkinan ketika halaman facebook dihapus, terhapus, atau hilang maka profil utama tidak akan terpengaruh.

Bahkan ketika halaman facebook kita ternyata melanggar kebijakan monetisasi konten, yang menyebabkan halaman tersebut di banned atau di hapus permanen, maka hanya halaman facebook tersebut yang akan terdampak.

Kelemahan halaman facebook profesional untuk monetisasi

Seperti halnya facebook profil, pada facebook halaman juga memiliki kelemahan untuk proses monetisasi. Berikut beberapa kelemahan pada halaman facebook:

1. Harus memiliki profil facebook

Berbeda saat mengaktifkan facebook profesional pada profil facebook, sekali kita buat akun maka secara otomatis profil sudah terbuat.

Untuk halaman facebook atau fans page ini, kalian harus membuatnya dahulu di profil facebook utama.

2. Tidak dilengkapi fitur tambah teman

Pada halaman facebook hanya dilengkapi fitur bagikan halaman, sehingga untuk mencari pengikut dibutuhkan kerja ekstra. 

Dibutuhkan perjuangan yang benar-benar dari nol, ketekunan, dan kesabaran akan diuji saat kalian mengaktifkan monetisasi menggunakan halaman facebook profesional ini.

Posting Komentar untuk "Facebook Profil Atau Facebook Halaman Bagus Mana Untuk Monetisasi?"