Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Jam Tayang Instream Facebook Menurun Dan Hilang Sendiri

penyebab jam tanyang in-stream facebook menghilang

Apakah kalian pernah mengalami tiba-tiba jam tayang in-stream facebook menghilang, atau dari hari ke hari bukannya nambah malah menurun?

Bagi teman-teman yang masih dalam rangka mengejar target monetisasi, jam tayang adalah hal yang wajib sebagai salah satu syarat agar bisa diterima monetisasi facebook.

Syarat jam tayang untuk monetisasi facebook profesional

Untuk diketahui bahwa syarat jam tayang ini dikhususkan pada jenis monetisasi iklan in-stream, monetisasi siaran langsung dan monetisasi langganan.

1. Jam tayang pada jenis monetisasi iklan in-stream

Bagi teman-teman yang sudah mendapatkan fitur monetisasi iklan in-stream, mengenai fitur monetisasi jenis ini akan terbuka secara otomatis seiring dengan pertumbuhan pemirsa pada halaman yang teman-teman kelola.

Terdapat lima kriteria persyaratan yang harus kalian penuhi agar dapat diterima monetisasi jalur in-stream, yang salah satunya adalah jumlah jam tayang dari video yang memenuhi syarat termasuk juga video on-demand, dan video siaran langsung.

Untuk syarat yang ditentukan mengenai jumlah jam tayang yang harus di dapatkan adalah setidaknya 60 ribu (60.000) menit di lihat dalam jangka waktu 60 hari terakhir.

Itu artinya setidaknya dalam sehari minimal kalian harus memperoleh 1000 menit tayangan dari video yang kalian upload.

Jumlah jam tayang tersebut merupakan akumulasi dari semua video yang memenuhi syarat yang sudah kalian upload, itu artinya semakin banyak video yang kalian upload maka semakin besar juga peluang mendapatkan minimal seribu menit sehari.

Dengan perolehan 1000 menit perhari, maka tepat dalam 60 hari kedepan syarat jam tayang yang dibutuhkan dapat terselesaikan.

2. Jam tayang pada jenis monetisasi siaran langsung

Pada fitur monetisasi siaran lagsung ini, persyaratannya lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis monetisasi in-stream, tepatnya terdapat 7 syarat kelayakan yang harus teman-teman penuhi, yang salah duanya berkaitan dengan jam tayang.

Untuk syarat jam tayang yang pertama hampir sama dengan persyaratan pada iklan in-stream hanya lebih besar saja yaitu kalian harus setidaknya memperoleh 600 ribu menit selama 60 hari terakhir, dari video yang memenuhi syarat yang sudah kalian upload.

Itu artinya dalam sehari kalian harus dapat mencapai setidaknya 10 ribu menit, dari berbagai jenis video yang sudah kalian upload termasuk juga video siaran langsung.

Sedangkan untuk syarat jam tayang kedua kalian juga harus memenuhi 60 ribu menit tayangan khusus untuk jenis video siaran langsung saja dalam tempo yang bersamaan yaitu 60 hari terakhir.

Dan skema diatas, maka dapat disimpulkan bahwa dalam sehari kalian minimal mendapatkan 10 ribu menit jam jayang dengan 1000 menitnya merupakan siaran langsung.

Kalian bisa memperoleh target pencapaian jam jayang tersebut dengan perhitungan harian 9000 menit video biasa dan 1000 menit siaran langsung, sehingga totalnya 10ribu menit.

Atau 10 ribu menit perhari dengan keseluruhan video merupakan siaran langsung, triks ini juga bisa kalian lakukan.

Sehingga dari perhitungan kasar diatas, maka target jam tayang untuk fitur monetisasi siaran langsung dapat terpenuhi tepat 60 hari selesai.

3. Jam tayang pada fitur monetisasi langganan

Fitur monetisasi langganan ini menurut saya adalah termasuk jenis monetisasi level tingkat lanjut, karena berkaitan dengan peran aktif kalian sebagai konten kreator serta interaksi yang intensif dengan pengikut sangat ditekankan agar bisa mengaktifkan fitur monetisasi langganan ini.

Salah satunya yang wajib harus penuhi adalah mengenai postingan kalian setidaknya sudah dilihat selama 180.000 menit. Atau setidaknya postingan kalian telah memiliki 50.000 interaksi, disini kalian diberi kelonggaran dengan menyelesaikan salah satu saja dari syarat tersebut.

Penyebab jam tayang pada iklan in-stream, dan siaran langsung tiba-tiba hilang

Mengenai hilangnya jam tayang tersebut sebenarnya bukan karena kesalahan teknis, bukan karena bug facebook, bukan juga karena salah perhitungan.

Namun kembali lagi mari kita tengok mengenai persyaratan jam tayang yang sudah dijabarkan di atas. Disana disebutkan bahwa jumlah jam tayang tersebut memiliki masa kadaluarsa.

Sebagai contoh pada persyaratan fitur monetisasi in-stream, disana tertulis bahwa syaratnya adalah 60.000 menit selama 60 hari terakhir.

Itu artinya jika melebihi tempo yang sudah ditentukan maka jam tayang akan hangus, sehingga terlihat seperti berkurang.

Kita ambil contoh nyatanya, misalnya kalian pertama kali membuat video pada 1 januari dengan jumlah tayangan sebanyak 1000 menit.

Jika setiap hari kalian memperoleh tayangan 1000 menit, maka secara perhitungan, selama 60 hari atau sekitar 29 februari jumlah total jam tayang kalian adalah 60.000 menit.

Namun jika misalnya pada tanggal 29 februari kalian hanya mendapatkan 500 menit, sehingga total selama 60 hari hanya mampu mengumpulkan 55.000 menit.

Selanjutnya karena belum berhasil memenuhi syarat, maka pada tanggal 1 maret perhitungan itu akan di riset dari awal lagi, namun bukan dimulai dari 0, teteapi hanya berkurang 1 hari awal saja.

Misalnya pada 1 maret kalian mendapatkan 300 menit, maka total akumulasi jam tayang yang berhasil kalian dapatkan bukan 55.300 menit, namun dikurangi 1 hari pada tanggal 1 januari lalu (awal perhitungan dimulai) sehingga menjadi 54.300 menit.

Semoga dengan penjelasan ini teman-teman sekalian sudah tidak bingung lagi atau merasa kecolongan jam tayang lagi ya.

Posting Komentar untuk "Penyebab Jam Tayang Instream Facebook Menurun Dan Hilang Sendiri"